MENUMBUHKAN MINAT BACA LASKAR PESISIR

Membaca adalah salah satu budaya yang menjadi ciri peradaban yang maju. Maka berbagai upaya dilakukan oleh SDN 21 Ampenan agar Laskar Pesisir gemar untuk membaca. Ada banyak hal yang bisa dilakukan. Berikut kutipan tentang inovasi-inovasi dalam membudayakan gemar membaca di sekolah.


1. Pengelolaan Perpustakaan berbasis ICT
Untuk memudahkan pengelola perpustakaan dalam menjalankan alur peminjaman maupun pengembalian buku, kami memanfaatkan software E-Library yang kami peroleh dari bantuan Dana Operasional Khusus . Dengan aplikasi ini memungkinkan kita untuk membuat kartu perpustakaan bagi semua siswa, mencatat peminjaman dan pengembalian buku, yang semuanya menggunakan sistem barcode seperti di supermarket ( keren kan???). Namun sayang, kami belum memiliki barcode scanner karena terkendala aturan BOS.

Dengan aplikasi ini juga memudahkan kita untuk mengetahui denda bagi siswa yang telat mengembalikan buku. Dana ini tercatat rapi dan bis diperuntukkan untuk pengembangan perpustakaan. Dan perlu diketahui, kami belum mempunyai petugas perpustakaan khusus, sehingga pengelola an perpustakaan ditangani guru kelas/mapel yang artinya harus kerja keras untuk mengajar dan mengelola perpustakaan.

2. Sistem Kupon Berhadiah.
Setiap peminjaman buku diperpustakaan Laskar Pesisir, akan mendapatkan satu kupon berhadiah. Kupon tersebut diundi setiap 2 minggu sekali. Setiap pencabutan kupon akan ada 5 orang yang mendapat hadiah. Hadiah disediakan oleh salah satu patner kami yaitu DASI NTB (Salah satu jejaring Dompet Dhuafa di NTB). Semakin banyak membaca buku, semakin banyak dapat kupon dan semakin banyak kesempatan dapat hadiah. Berikut keriangan para Laskar Pesisir pada saat pencabutan kupon hadiah.

(Tonton Video Pengelolaan Perpustakaan)
3. Kartu Baca Laskar
Sebagai bentuk kontrol pada siswa agar tidak hanya meminjam buku untuk mengejar perolehan kupon, maka kami membuat kartu baca Laskar. Kartu ini untuk mengontrol buku yang dibaca siswa. Dengan kartu ini guru akan mengetahui buku apa saja yang sudah dibaca oleh siswa. Selain ini, kartu ini akan melatih siswa untuk membuat rangkuman dari hasil bacaan mereka.  Bentuk kartu baca dapat di unduh di bawah.

Posting Komentar

0 Komentar